Lainnya

Ikuti Cara ini Untuk Membersihkan Air Conditioner dengan Baik

Service AC Surabaya: Ikuti Cara ini Untuk Membersihkan Air Conditioner dengan Baik

Ikuti Cara ini Untuk Membersihkan Air Conditioner dengan Baik

Banyak jasa service AC Surabaya yang profesional, memiliki reputasi yang baik, serta testimoni yang banyak dari para customer. Jasa ini bisa dijadikan rekomendasi ketika Air conditioner di rumah Anda tiba-tiba tidak dapat berfungsi atau rusak. Adanya jasa service ini dianggap sangat membantu, karena dapat memperbaiki kerusakan dengan biaya yang cukup terjangkau. Selain itu, adanya jasa ini juga dapat menghindari seseorang untuk membeli yang baru karena AC yang rusak dapat diperbaiki kembali.

Bersihkan Air conditioner Anda Sendiri dengan Cara yang Tepat

Membersihkan Air conditioner tidak bisa dilakukan sembarangan, harus dengan teliti dan hati-hati. Bahkan, Anda harus membersihkannya dengan cara yang halus dan lembut agar tidak mengganggu komponen atau perangkat didalamnya. Para jasa service AC Surabaya pun akan membersihkan alat yang rusak ini terlebih dahulu sebelum memperbaikinya. Untuk itu, simaklah beberapa cara yang tepat dalam membersihkan AC dibawah ini:

  • Bersihkan Filter AC

Seringkali filter AC yang kotor dapat menyebabkan alat menjadi cepat rusak. Sebelum Anda membersihkan filter tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan AC dalam kondisi mati. Selain itu, cabut kabel dari kontak atau sambungan listrik untuk menghindari resiko yang bisa saja terjadi. Jika sudah, maka Anda memerlukan alat pembersih, seperti lap, kemoceng, serta vacum cleaner. Anda dapat menggunakan kemoceng untuk membersihkan bagian luarnya terlebih dahulu dan lap komponen tersebut dengan lap setengah basah. Setelah itu, lap kembali menggunakan lap yang kering.

Setelah komponen luar telah dibersihkan, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan membersihkan filter menggunakan vacum cleaner. Jika Anda tidak memiliki vacum cleaner, Anda bisa menggantinya dengan kuas kecil. Namun, sebagian besar jasa service AC Surabaya menggunakan vacum clenaer karena proses pembersihannya yang mudah. setelah filter bersih dari debu dan kotoran, Anda bisa mencucinya dengan bersih menggunakan air dan sabun. Pastikan untuk membilasnya hingga benar-benar kering. Lakukan pembersihan pada filter ini setidaknya satu kali dalam sebulan untuk menghindari kerusakan.

  • Bersihkan Bagian atau Komponen Luar Air conditioner

Jika sebelumnya adalah cara membersihkan bagian dalam Air conditioner, maka cara ini digunakan untuk membersihkan bagian luarnya. Cara yang satu ini direkomendasikan oleh para penyedia jasa service AC Surabaya karena dapat membantu mengurangi kerusakan. Sebagai langkah awal, pastikan untuk mematikannya terlebih dahulu dan mencabut seluruh kabel AC yang tersambung ke kontak listrik. Setelah itu, semprotkan air ke bagian luar Air conditioner secara perlahan agar air tidak merembes masuk ke bagian dalam alat ini.

Anda bisa menggunakan cairan pembersih AC atau dengan menggunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan debu serta kotoran yang bersarang di bagian luarnya, terutama bagian cover. Jika sudah disemprot dengan baik, maka lanjutkan dengan membersihkannya dengan lap setengah basah. Langkah terakhir adalah mengelap bagian tersebut dengan lap yang benar-benar kering. Jika setelah dibersihkan, Air conditioner milik Anda malah bermasalah, maka Anda dapat menanyakannya ke pihak jasa service yang profesional dalam mengatasi hal ini.

Membersihkan Air conditioner dengan tepat adalah salah satu hal yang wajib Anda ketahui. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membersihkannya sendiri, salah satunya adalah mengurangi tingkat kerusakan. Namun, jika Anda melakukan kesalahan ketika membersihkannya sehingga alat ini tidak berfungsi dengan baik, maka sangat dianjurkan untuk menyerahkan masalah tersebut ke tangan teknisi handal, seperti penyedia jasa service AC Surabaya.